Headlines News :
Home » , , , » Wanita Muslim Turki Akhirnya Dibolehkan Berjilbab

Wanita Muslim Turki Akhirnya Dibolehkan Berjilbab

Written By Fastabiqul Khairat on Selasa, 08 Oktober 2013 | 20.14

TURKI--Terhitung sejak Selasa 8 Oktober 2013 lalu, pemerintah Turki secara resmi mencabut larangan wanita mengenakan jilbab. Dicabutkan larangan yang sudah berlangsung sejak awal Republik Turki berdiri menuai kontroversi antara kubu Islamis dan sekularis.

“Sebuah peraturan yang secara formal merupakan campur tangan dalam kebebasan berpakaian dan gaya hidup merupakan sumber ketidaksetaraan, diskriminasi, dan ketidakadilan di antara rakyat kita. Dan itu telah menjadi sejarah,” kata Deputi Perdana Menteri Turki, Bekir Bozdag, melalui akun Twitter-nya.
 
Dari kubu sekularis, kritikan banyak dialamatkan kepada Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan, yang berasal dari partai  Islam. Erdogan dianggap berusaha mengikis fondasi sekuler republik Turki, yang sudah tertanam sejak runtuhnya khilafah Utsmani oleh Mustafa Kemal Ataturk pada tahun 1923.

Namun para pendukung Erdogan, mengatakan bahwa kebijakan pencabutan larangan berjilbab hanya untuk menjalankan keseimbangan dan berupaya memulihkan kebebasan berekspresi keagamaan di Turki, apalagi mayoritas penduduknya penganut Islam.
ISLAM POS
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

DOA

DOA

IKLAN

IKLAN
Harga Rp 60.000

TERKINI

PESAN

PESAN