Headlines News :
Home » » Kenali Ciri-ciri Dajjal

Kenali Ciri-ciri Dajjal

Written By Fastabiqul Khairat on Jumat, 04 Oktober 2013 | 04.01

Allah  SWT sudah memberitahukan ciri-ciril pada Dajal yang hanya diketahui oleh mukmin yang bersih mata hatinya. Tanda ini adalah tulisan yang tertera di antara kedua matanya: k-f-r atau kafir.
Dalam Shahih al-Bukhari dari Anas diriwayatkan bawa Nabi saw. bersabda, “Tidak diutus seorang nabi kecuali ia memperingatkan umatnya akan bahaya si buta sebelah dan pendusta. Dajjal itu sungguh buta sebelah, sedangkan Tuhanmu tidak buta sebelah. Di antara kedua matanya tertulis  ‘kafir’,”.
Dalam Shahih Muslim disebutkan bahwa Dajal itu “tertulis di antara kedua matanya ‘k-f-r’.Dalam Shahih Ibn Khujaimah, Sunan ibnu Majah, dan Mustadrak al-Hakim diriwayatkan dengan sanad sahih dari Abu Umamah, “Sungguh termaktub di antara kedua matanya ‘kafir’ yang dapat dibaca oleh setiap mukmin yang bisa menulis maupun tidak.”
Dalam Shahih Muslim, “Sesungguhnya tertulis di antara kedua matanya ‘kafir’ yang dapat dibaca oleh orang yang membenci sikapnya atau dapat dibaca oleh setiap mukmin.”
“Yang benar,” kata Nawawi, “menurut para ulama, pengertian tulisan di sini adalah secara lahiriah. Itu adalah tulisan hakiki. Allah menjadikannya sebagai salah satu tanda yang menunjukkan kekufuran, kedustaan, dan kebatilan Dajal. Allah menampakkannya, kepada setiap muslim yang bisa menulis maupun tidak, dan Ia menyembunyikannya dari orang yang dikehendaki-nya celaka atau terkena fitnah.”
Al-Qadhi ‘Iyadh menyebutkan pendapat lain. “Di samping ada ulama yang berpendapat bahwa tulisan di sini adalah dalam pengertian hakiki sebagai mana yang kami sebutkan di atas, ada juga ulama lain yang berpendapat bahwa tulisan di sini bermakna majazi dan merupkan isyarat  bahwa Dajal itu baharu, tidak kadim. Alasannya adalah kata-kata ‘yang dapat dibaca oleh setiap mukmin yang bisa menulis maupun tidak. ‘ Namun, pendapat ini lemah.
Semoga kita semua dilindungi Allah SWT dari fitnah Dajjal.
(Syarah an-Nawawi ‘ala Muslim XVIII, h 60). [Sumber: "Ensiklopedia" Kiamat, Karangan: Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar, Penerbit Serambi]
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

DOA

DOA

IKLAN

IKLAN
Harga Rp 60.000

TERKINI

PESAN

PESAN